LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA




LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA

         Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) termasuk program kerja dari divisi POSDM untuk seluruh pengurus HMP PGPAUD periode 2019-2020 yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 April 2019 dengan tema “Mewujudkan jiwa Solidaritas (Solid dan Berkualitas) untuk HMP PGPAUD yang Berkarakter dan Bersinergi”. Tempat acara LKMM di aula RKB D Fakultas Ilmu Pendidikan dan taman Paseban Bangkalan. LKMM adalah sebuah kegiatan dengan bentuk pelatihan untuk mengembangkan potensi keterampilan dalam bekerjasama dalam sebuah organisasi. Acara LKMM dilaksanakan dalam waktu dua hari.
          Hari pertama pada Sabtu, 27 April 2019 acara LKMM dimulai pukul 07.00 EIB bertempat di aula RKB D FIP. Acara di mulai dengan pembukaan acara dan beberapa sambutan dari Gubernur FIP atau yang mewakili sekaligus pembuka acara LKMM dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua umum HMP PGPAUD. Setelah acara LKMM dibuka dilanjutkan dengan acara inti, yaitu penyampaian beberapa materi untuk seluruh pengurus HMP PGPAUD. Pemateri terdiri dari kak Nur Syuaib mengisi materi masalah manajemen organisasi, kak Nur Ainiyah demisioner ketua umum HMP PGPAUD periode 2017 mengisi materi tentang kepemimpinan, dan Kak Taufik Hidaya, S.I. Kom mengisi materi tentang public speaking. Karena sesuai dengan tujuan dari HMP PGPAUD dan sesuai dengan tema yang diambil maka dari itu ketiga materi tersebut harus dipahami oleh pengurus HMP PGPAUD.


             Materi pertama yang disampaikan adalah materi tentang manajemen organisasi oleh kak Nur Syuaib dalam penyampaian materinya sangat mudah untuk dipahami karena dihubungkan dengan contoh konkrit dalam kehidupan sehari-hari. Di tengah-tengan penyampaikan materi juga diselingi dengan ice breaking dan game yang membuat semua poengurus tidak bosan dalam mendengarkan materi. Penyampaian materi berlangsung selama satu jam setengah beserta tanya jawab. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan materi yang kedua yaitu kepemimpinan oleh Kak Ainiyah ketika menyampaikan materi hal pertama yang dilakukan adalah melakukan tanya jawab dengan peserta LKMM. Kemudian penjelasan mengenai materi kepemimpinan dalam penyampaiannya juga diputarkan video kepemimpinan dan juga terdapat game tentang garis besar kepemimpinan, sehingga seluruh pengurus antusias dan semangat dalam mendengarkan materi. Penyampaian materi berlangsung selama satu jam setengah. Acara selanjutnya, yaitu ISHOMA bagi seluruh pengurus sebelum materi yang ketiga. Materi yang ketiga tentang public speaking dalam hal ini disampaikan oleh kak Taufik Hidaya, S. I. Kom sama halnya dari kedua pemateri kak Taufik juga tidak kalah dalam menyampaikan materi. Penyampaian materi dijelaskan secara detail dan kemudian dari perwakilan pengurus untuk mempraktikannya dan pada saat diakhir penyampaian materi kak Taufik memberikan renungan kepada kita yang membuat seluruh poengurus HMP PGPAUD menanggis, karena dalam hal tersebut kak Taufik memyampaikan hal yang sering kita lupakan yaitu kasih sayang dan perjuang orang tua. Acara LKMM di hari pertama berakhir pada pukul 17.00 WIB dan berjalan dengan lancar.




           Hari kedua Minggu, 28 April 2019 acara dimulai pada pukul 08.00 WIB bertempat di taman Paseban Bangkalan. Untuk acara di hari kedua adalah outboud yang diisi oleh komunitas FAST Leadership. Acara dimulai dengan pembukaan dan sedikit prakata dari ketua umum HMP PGPAUD dan ketua umum komunitas FAST Leadership. Kemudian acara dimulai dengan pembagian kelompok yang mana dibagi menjadi 6 kelompok. Permainan yang pertama dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh pengurus HMP PGPAUD dengan nama permainan Menemukan Jati Diri. Permainan tersebut dilakukan dengan membagikan sebuah kartu yang berisikan angka dan harus bertuka kartu dengan sesama anggota yang lain.   Dengan ketentuan jika mendapat angka sama maka dipangkatkan dan jika mendapat angka yang berbeda makan ditambahkan. Inti atau makna dari permainan tersebut adalah bagaimana kita membantu teman kita yang membutuhkan bantuan dan harus saling berkerjasama. Permainan yang kedua dilakukan secara berkelompok jenis permainannya ada tiga macam pos, yaitu pos pertama adalah estafet air, pos kedua bermain bentengan, dan pos yang ketiga memcahkan balon. Inti dari semua permainan adalah sesuai dengan tema yang diambil dalam sebuah organisasi harus dapat bekerjasama agar tujuan yang direncanakan bisa tercapai. Kemudian ISHOMA dan dilanjutkan dengan acara ziarah ke martajasah ketika di sana seluruh pengurus doa bersama dengan membaca surat yasin dan tahlil. Acara berakhir pada pukul 17.00 WIB dan berjalan dengan lancar











Penulis : Aisyiah Mubarokah Fahmi
Editor : Muna wf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nyuwun Pamit HMP PG PAUD 2020